Friday, December 20, 2013

Perlukah Pap Smear Bagi Gadis Perawan?

[​IMG]


Pap Smear tidak diperlukan bagi gadis perawan, kecuali ada riwayat merokok (berdasarkan beberapa penelitian) atau ibu mereka mengonsumsi DES (Diethylstillbestrol) selama kehamilan untuk mencegah abortus dan kelahiran prematur. Pada kebanyakan kasus, kanker serviks disebabkan oleh penyakit menular seksual. 99% dari kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Pada kasus tertentu yang langka, HPV bisa ditularkan saat proses persalinan dari ibu ke bayi. Bahkan jika bayi tertular HPV, biasanya tubuhnya akan membunuh virus itu sendiri.

Kebanyakan gadis muda yang mengaku perawan, artinya mereka tidak pernah melakukan penetrasi intercourse. Tetapi mereka telah melakukan aktivitas seksual lain seperti petting, seks oral, seks anal, dan kontak kulit ke kulit alat kelamin. Ini membuat mereka berisiko tertular HPV. Kontak genital tanpa penetrasi dapat menyebabkan HPV.

Kenapa Pap Smear direkomendasikan pada usia 21 tahun walaupun belum aktif secara seksual?

Alasan utama guideline merekomendasikan pap smear pada usia 21 tahun walaupun belum aktif secara seksual karena kebanyakan wanita tidak selalu jujur tentang riwayat seksual mereka. Sulit bagi penyedia layanan kesehatan untuk memastikan riwayat seksual yang akurat dari pasien. Tetapi, penyedia layanan kesehatan harus selalu berpikiran bahwa kebanyakan wanita tetap jujur tentang riwayat seksual mereka.

Sumber

No comments:

Post a Comment