Friday, April 16, 2010

Berapa Banyak Jumlah Kafein yang Aman Setiap Hari?

Banyak orang bilang,"Jangan kebanyakan ngopi. Nggak baik!". Jadi, berapa maksimal kafein yang boleh kita konsumsi setiap hari?

Kita sering mengonsumsi kafein dalam bentuk kopi, teh, dan minuman energi untuk meningkatkan daya pikir dan mood. Biasanya kita minum kopi di pagi hari untuk melawan ngantuk. Bahkan ada orang yang tidak bisa memulai kegiatannya sebelum meminum secangkir kopi hangat.

Kita dianjurkan untuk mengonsumsi kurang dari 300 mg kafein per hari. Ini merupakan jumlah kafein yang didapat dari tiga cangkir kopi. Perempuan yang sedang atau mau hamil disarankan mengurangi jumlah kafein atau tidak mengonsumsi sama sekali.


Meningkatkan kadar kafein yang anda konsumsi melebihi 300 mg per hari akan menimbulkan efek samping. Ini bisa berupa rasa gelisah, tidak bisa tidur, dan bisa menimbulkan diare.

Langsung menghentikan kebiasaan minum kopi juga tidak baik. Ini akan mengakibatkan withdrawal kafein. Bisa menimbulkan sakit kepala, tidak enak badan, nyeri otot selama beberapa hari. Namun, selama kurang lebih seminggu, gejala-gejala tersebut akan menghilang.

Sekarang anda tahu batasan kadar kafein dan efek-efek yang ditimbulkan kafein. Pada jumlah yang pas, kafein bisa membantu kita melawan rasa kantuk. Namun jika kelebihan bisa menimbulkan ketagihan. Ini tergantung kebijaksanaan anda.

No comments:

Post a Comment