Monday, April 19, 2010

Kutu Rambut, Anda Harus Tahu


Anda menemukan bintik putih, kecil ,bergerak-gerak di kepala Anda. Lalu Anda mengambilnya dan ternyata anda menemukan kutu rambut!

Memang rambut Anda berkutu kelihatan jorok, tapi biasanya tidak berbahaya. Ikuti terus tulisan saya untuk menemukan informasi mengenai kutu rambut (pediculus humanus capitis).


Apa Sih Kutu Rambut?


Kutu rambut adalah serangga kecil berkaki enam yang menempel di kulit kepala dan leher dan memakan darah manusia. Kutu sangat kecil dan susah dilihat. Telurnya menempel di rambut dekat kulit kepala dan lebih susah dilihat. Ketika banyak kutu hidup di rambut orang, ini disebut dengan infestasi.

Siapa Saja yang Bisa Terkena Kutu?
Kutu rambut paling sering ditemukan pada anak kecil yang mengikuti day care, preschool, atau sekolah dasar. Juga anak-anak di panti asuhan, asrama, atau madrasah yang populasi anak-anaknya banyak. Anak-anak seumur ini sering bermain bersama secara dekat dan berbagi sisir, topi, jepit rambut, dsb. Orang dewasa yang hidup dengan anak-anak di atas juga berisiko tinggi terkena kutu rambut.


Cara Kutu Rambut Menyebar


Kutu biasanya menyebar dengan kontak langsung dari kepala ke kepala yang memungkinkan kutu berpindah dari rambut seseorang ke rambut orang lain. Kutu bisa hidup sebentar di baju atau benda-benda lain, jadi sisir yang dipakai bersama-sama bisa menyebarkan kutu ke orang lain. Kutu tidak bisa melompat atau terbang dari satu orang ke orang lain.


Cara Mencari Kutu Rambut


Walaupun kutu dan telurnya sangat kecil, mereka masih bisa dilihat mata telanjang. Kutu rambut bisa merwarna putih, coklat, atau abu-abu gelap. Mereka biasa ditemukan pada rambut di belakang telinga atau di belakan leher. Telurnya berbentuk titik bundar atau oval yang menempel erat pada rambut-rambut dekat kulit kepala. Jika anda menggeser telurnya, mereka akan tetap bergeming. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa dengan menyisir saat rambut masih basah adalah cara terbaik untuk melihat infestasi yang aktif.


Gejala Kutu Rambut
Menemukan kutu atau telur adalah satu-satunya tanda yang menunjukkan adanya infestasi. Pada anak-anak, kutu rambut tidak menyebabkan gangguan apa-apa. Saat gejala mulai muncul, gejala yang paling sering adalah gatal-gatal yang mulai beberapa minggu atau sampai beberapa bulan setelah infestasi kutu.

Alergi Kutu Rambut


Rasa gatal yang berhubungan dengan kutu ditimbulkan dari reaksi alergi terhadap gigitan kutu. Sering menggaruk kepala menyebabkan iritasi di kulit kepala. Hubungi dokter segera jika kulit terlihat memerah, membengkak, atau terasa sakit. 

Jika Anda Mencurigai Anak Anda Terkena Kutu
Kutu rambut tidak akan sembuh sendiri. Jika anda curiga anak anda mengalami infestasi kutu, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan.
  1. Segera ke dokter untuk mengonfirmasi.
  2. Beritahu sekolah anak anda untuk mengecek anak-anak yang lain.
  3. Periksa anggota keluarga yang lain.
  4. Obati semua orang yang terinfeksi.
Membersihkan Rumah Anda Dari Kutu
Walaupun kutu tidak bertahan hidup lama di kasur, sebaiknya anda mencuci seprai orang yang sedang diobati kutunya. Pakaian yang dipakai dalam 48 jam juga harus dicuci di air panas.

Mitos Mengenai Kutu Rambut
Kutu rambut bukan penyakit dari masyarakat kelas bawah ataupun tanda higienitas yang buruk. Kutu mengenai anak-anak dari seluruh tingkatan pendapatan, kelas sosial, dan kebersihan. Kutu bisa bertahan hidup dalam air selama enam jam, jadi anak-anak yang mandi secara teratur juga bisa terkena. Berita baiknya adalah kutu bukan pembawa penyakit-penyakit menular.

1 comment: